Tips Franchise Bermodalkan Kurang Dari 20 Juta

By | April 23, 2020

Franchise ataupun waralaba saat ini menjadi salah satu dari jenis usaha yang sangatlah diminati sebab dapat memberikan berbagai kemudahan untuk seseorang dalam menjalankan bisnisnya. Untuk dari segi produknya memang franchise di Indonesia pun saat ini sudah semakin beragam dan dengan modal yang cukup terjangkau.

Dalam menjalankan bisnis franchise ini di Indonesia berarti tidak perlu untuk membangun bisnis nya dari nol. Hal ini dikarenakan bahwa segala sesuatunya memang sudah dipersiapkan dari franchisor. Mulai dari peralatannya, bahan baku hingga strategi pemasarannya dan pelatihan karyawannya semua memang sudah ada di dalam bisnis franchise di Indonesia ini.

Kemudahan Bisnis Franchise Di Indonesia

Jenis franchise yang ada di Indonesia ini sangatlah cocok untuk yang baru saja memulai bisnis dengan mengingat dari persiapannya yang sangat mudah dan juga resikonya yang cukup kecil. Di saat kondisi ekonomi yang memang serba sulit ini bahwa pada saat ini banyak perusahaan yang merumahkan para karyawannya. Dan berbisnis franchise pun dapat menjadi salah satu pilihannya. Hal tersebut terutama untuk karyawannya yang memang sudah cukup bosan untuk menjalani rutinitas dalam dunia perkantoran. Maka tidak ada salahnya jika banting setir menjadi pebisnis franchise di Indonesia.

Tips Sukses Bisnis Franchise

Franchise merupakan sebuah bentuk usaha yang dapat memberikan lisensinya kepada pihak yang lain untuk dapat menggunakan dan memanfaatkan hak dari kekayaan intelektual sebuah produk. Dari pihak pemberi franchise ini dapat memberikan haknya kepada individu ataupun bisnis mereka untuk dapat menggunakan merek, prosedur, bahan baku dan peralatannya dalam jangka waktu yang tertentu.

Secara sederhana bahwa sebagai pembeli franchise hanya menjalankan bisnisnya. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar bisnis franchise ini dapat berjalan dengan sukses.

  1. Memilih Jenis Franchise

Dalam menjalankan sebuah bisnis memang akan lebih menyenangkan pada saat sudah sesuai dengan minat sendiri. Dan begitu juga dengan bisnis franchise atau waralaba dimana saat ini produknya yang sudah sangat beragam. Jika misalnya seorang penyuka kopi dan ada sejumlah dari franchise sebuah minuman kopi maka dapat menjadi pilihan yang baik dalam skala rumahan dan coffe shop. Apabila enjoy dalam menjalankannya maka bisnisnya pun dapat berjalan secara baik.

  1. Carilah Lokasi Yang Strategis

Faktor tempat lokasi ini menjadi sangatlah krusial dan terutama untuk franchise food and beverages. Maka harus lakukanlah survey lokasi dulu guna untuk mengetahui seberapa ramainya tempat dan juga segmentasi pasarnya seperti apa dan dapat di targetkan.

Disamping itu bahwa penting untuk mencari tahu terlebih dulu bagaimana kompetitor dari usaha jenis pada tempat tersebut. Bahwa franchisor yang baik maka biasanya akan melarang pihak dari pembeli franchise untuk membangun usaha di lokasi yang dekat dengan mitra yang sebelumnya.

  1. Pelajari Bisnis Tersebut

Walaupun terkesan sudah cukup mudah maka bisnis franchise ini juga mempunyai sejumlah hambatannya. Misalnya dari pihak franchisor yang sering kali terkendala dengan adanya pengiriman bahan bakunya dengan demikian akan menghambat operasionalnya. Dan belum lagi dengan biaya franchise fee nya yang setelah dihitung dapat menjadi cukup memberatkan.

Maka dari itu sangatlah penting sebagai seorang pembeli franchise ini untuk dapat mempelajari bisnis franchise atau waralaba nanti yang akan di jalankan secara menyeluruh. Supaya bisnis ini dapat berjalan dengan baik tanpa ada lagi kendala yang nantinya akan di temukan oleh pembeli franchise. Karena saat ini banyak sekali peminat bisnis waralaba ini yang menawarkan berbagai kemudahan dengan keuntungan yang baik.

Share Button