Cara Mudah Dalam Membuat Bussiness Plan Sebelum Berbisnis

By | January 19, 2020

Pada saat serius akan membuka sebuah bisnis maka diwajibkan untuk dapat membuat berbagai perencanaan lebih dulu supaya tujuan dari bisnis yang direncanakan tersebut dapat tercapai dengan baik. Dimana perencanaan sebuah bisnis ini dapat berguna untuk bisa membantu Anda juga tim untuk tetap fokus dalam menjalankan bisnisnya.

Membuat Bussiness Plan Yang Baik

Perencanaan tersebut sebaiknya dapat dituangkan ke dalam sebuah tulisan yang tentunya tersusun secara rapi dan mudah untuk di baca di setiap saat. Perencanaan inilah yang biasa disebut dengan istilah Bussiness plan. Dimana bussiness plan ini dapat berguna untuk dapat menjabarkan visi dan misi sebuah perusahaan menjadi tujuan atau goal kecil-kecil serta menjaga agar tetap fokus.

Bussiness plan ini juga dapat berguna untuk bisa mencari investor sebagai seorang pemodal. Apabila bussiness plan tersebut menarik, menarik dan realistis maka dapat dengan mudah akan mengajak orang lain untuk dapat menjadi seorang investor.

Elemen Bussiness Plan

Lalu bagaimana cara mudah dalam membuat bussiness plan dan sebenarnya bahwa bussiness plan ini tidak juga seribet seperti yang di bayangkan oleh orang-orang. Dimana bussiness plan ini sebetulnya hanya terdiri dari poin-poin yang penting dan dapat di modifikasi dan sesuai dengan bisnis tersebut. Pada dasarnya bahwa untuk menyusun bussiness plan yang baik ini maka harus ada beberapa elemen-elemen seperti berikut ini.

  1. Nama Bisnis

Hal yang paling pertama ini harus dicantumkan tentu saja yaitu nama bisnisnya. Selain itu juga dapat menceritakan sedikit mengenai bisnis tersebut dan latar belakang mengenai bisnis tersebut. Kemudian hal- hal apa pun yang dapat menjelaskan mengenai bisnis tersebut.

  1. Tujuan Perusahaan

Dalam setiap perusahaan ataupun bisnis pastinya memiliki visi misi atau tujuan. Maka dapat ditulis dengan cara yang spesifik mengenai visi dan misi dari bisnis tersebut. Dengan demikian dapat memulainya dengan cara menulis visi dari bisnis tersebut. Visi ini merupakan tujuan yang besar dan tujuan yang utama dimana ingin di raih melalui bisnis. Sedangkan misi merupakan tujuan yang lebih kecil dan bertujuan untuk dapat mencapai visi dari bisnis tersebut.

  1. Analisa Produk Bisnis

Di tahap ini bahwa harus dapat menjelaskan dengan detail mengenai produk dan juga jasanya yang akan dijual. Selain itu dapat menjelaskan kapasitas produksi di dalam sebulan dan seberapa banyaknya serta bagaimana strategi nya yang akan dilakukan untuk dapat memenuhi target dari produksi tersebut. Dan jangan lupa untuk tetap menjelaskan kelebihan dari produk yang tidak dimiliki dari produk pesaing yang lain.

  1. Target Market Bisnis

Pada bagian ini bahwa harus bisa menjelaskan dengan spesifik mengenai target marketnya seperti apa. Dimana dapat dijelaskan berapa umur dari target market yang nantinya akan di tembak. Berasal dari wilayah yang mana dan daya belinya yang seberapa besar sampai bagaimana dalam kehidupan sehari-harinya.

Apabila customer kebanyakan ada di pusat perbelanjaan maka jelaskan juga pusat perbelanjaan seperti apa. Dan apabila customer berasal di internet maka jelaskan juga secara terperinci berapa jumlahnya dan kebiasaan nya mereka di dalam menggunakan internet.

Serta jangan lupa untuk harus mampu dalam menganalisa dan juga memprediksi bagaimana perkembangan pasarnya. Apabila pangsa pasar terus menerus meningkat jumlahnya dari waktu ke waktu maka bisnis tersebut merupakan bisnis yang potensial serta mampu untuk dapat menarik perhatian dari para investornya untuk dapat memberikan modalnya.

Share Button